PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD

  • Ratnawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Galih Yansaputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Discovery learning, Berpikir kritis, Keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa dengan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri Sidorejo tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 10 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, hasil tes kemampuan berpikir kritis dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan berakhir pada siklus 2 dengan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa. Hasil analisis tes kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 85% dengan kategori “Kritis” dan hasil analisis keaktifan belajar siswa mencapai 81,25% dengan kategori “Aktif”.

Published
2023-08-31
How to Cite
Ratnawati, Yansaputra, G., & Anjarini, T. (2023). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 74-78. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3644
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>