PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Danuri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Erwin Sundari Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: E-modul, Matematika, Flipped classroom, Berpikir kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui bagaimana proses pengembangan bahan ajar E-Modul Matematika dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan E-Modul Matematika. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menurut Brog and Gall. Jumlah sample pada penelitian ini adalah 24 siswa. pengambilan data dilakukan dengan menggunakan penilaian ahli materi, ahli media, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes. Teknik analisis data Uji Instrumen, Uji normalitas yang dilanjutkan dengan Uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) bahan ajar E-Modul Matematika ini dikembangkan dari pengumpulan informasi sampai pada uji lapangan, 2) E-Modul Matematika dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan pada penilaian ahli materi dengan presentase 75 %, ahli media dengan presentase 96 % 3) E-Modul Matematika dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan perhitungan Uji Paired Sample T-test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0.000 4) Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai pretest adalah 65,45 dan skor rata-rata posttest meningkat menjadi 80,29.

Published
2023-08-31
How to Cite
Danuri, & Sundari, E. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 92-100. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3646
Section
Articles