STRATEGI MENGUATKAN LITERASI DAN NUMERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI MENDUT

  • Selvi Afnika Sundari IKIP PGRI Wates
  • Windy Tyasta Febriany IKIP PGRI Wates
  • Rasid Darmawan IKIP PGRI Wates
Keywords: Literasi, Numerasi, Kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis strategi penguatan literasi dan numerasi yang dapat dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam kebijakan kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka, yaitu memperoleh data, bahan dan rujukan dari berbagai sumber seperti buku, artikel, hasil penelitian, dan peraturan pemerintah yang berhubungan dengan kebijakan merdeka belajar dan penguatan literasi numerasi di Sekolah Dasar. Mewujudkan merdeka belajar melalui kebijakan pemerintah selain memfokuskan pada karakter namun juga proses pembelajaran dalam evaluasi berupa asesmen dalam upaya memperkuat literasi dan numerasi dapat dilakukan dengan menerapkan budaya literasi dan numerasi di sekolah, pembentukan team literasi sekolah, melibatkan pihak ketiga, menggerakkan komunitas praktisi dan juga menjalankan program-program sekolah yang melibatkan peserta didik secara langsung untuk penguatan literasi dan numerasi. Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar. Pelaksanaan asesmen tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah, sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran

Published
2023-08-31
How to Cite
Sundari, S. A., Febriany, W. T., & Darmawan, R. (2023). STRATEGI MENGUATKAN LITERASI DAN NUMERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI MENDUT. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 101-105. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3647
Section
Articles