LANGKAH AWAL BELAJAR BAHASA INDONESIA: LEBIH MENYENANGKAN DENGAN KARTU HURUF VOKAL DAN KONSONAN

  • Melati Nur Hermaya Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nurhasanah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Salma Padilah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Ina Irnawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Bahasa Indonesia, Membaca permulaan, Kartu huruf, Vokal, Konsonan

Abstract

Tujuan artikel ini adalah membahas media pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah dasar untuk membantu anak mengembangkan kemampuan membaca. Ini adalah studi kasus yang menggunakan teknik analisis isi. Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar, peneliti mempelajari penelitian yang relevan dari jurnal nasional dan karya tulis lain yang relevan dengan topik media pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti melalui beberapa tahapan dalam mengkaji penelitian terdahulu, diantaranya: 1) Menyortir penelitian yang relevan; 2) Mengumpulkan data dan informasi untuk dianalisis; 3) Menentukan state of the art dari penelitian yang dianalisis; 4) Mengembangkan hasil analisis informasi dan merangkainya menjadi temuan konklusif. Hasil penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: keberadaan media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca, khususnya di tingkat sekolah dasar. Pemanfaatan media pembelajaran bahasa Indonesia diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan yang telah ditetapkan oleh guru.

Published
2023-08-31
How to Cite
Hermaya, M. N., Nurhasanah, Padilah, S., & Irnawati, S. I. (2023). LANGKAH AWAL BELAJAR BAHASA INDONESIA: LEBIH MENYENANGKAN DENGAN KARTU HURUF VOKAL DAN KONSONAN. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 127-132. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3650
Section
Articles