ANALISIS PENGENALAN MEDIA RODA PUTAR DIGITAL PADA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS 1 SDN KARANGLIGAR III

  • Dila Wulan Rahayu Universitas Buana Perjuangan Karawang1
  • Meilani Amelia Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Putri Tsaqila Hanifatunnisa Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rezqia Ratna Maulida Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan media pembelajaran di sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah Ibu P.D.R selaku guru kelas 1 SDN Karangligar 3. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu mata pelajaran yang sulit bagi siswa kelas 1 adalah matematika bentuk bangun datar. Kesulitannya adalah masih ada beberapa siswa yang kesulitan membedakan bangun datar dengan bangun datar. Untuk mempermudah proses belajar siswa diperlukan media pembelajaran. Untuk itu kami sebagai peneliti menyarankan untuk menggunakan media digital berupa PowerPoint animasi. Sehingga pembelajaran menjadi menarik dan siswa tidak merasa bosan.

Published
2024-02-29
How to Cite
Rahayu, D. W., Amelia, M., Hanifatunnisa, P. T., & Maulida, R. R. (2024). ANALISIS PENGENALAN MEDIA RODA PUTAR DIGITAL PADA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS 1 SDN KARANGLIGAR III. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-3. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/4892
Section
Articles