ANALISIS KARAKTER DISIPLIN MANDIRI PADA SISWA ANUBAN (KINGDEGARTEN) SANGKHOM ISLAM WITAYA SCHOOL THAILAND
Abstract
Pendidikan karakter didefinisikan sebagai usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation), Dalam Undang-Undang (Sisdiknas) nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa Guru harus dapat melaksanakan pembelajaran yang mengarahkan peserta didiknya secara aktif mengembangkan potensiĀ diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan lainnya yang diperlakukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan karakter disiplin akan menghasilkan peserta didik yang tidak hanya mempunyai pengetahuan akademik yang baik tetapi juga memiliki karakter yang berkulitas. Dalam pendidikan karakter disiplin yang diterapkan sejak dini maka akan berdampak pada kemandirian siswa. Dampak kemandirian siswa di Anuban Sangkhom Islam Wittaya School Thailand sudah terbukti memiliki karakter mandiri, yang di mana karakter mandiri tersebut diterapakan pada aktivitas rutin di sekolah seperti membersihkan tempat makan yang sudah dipakai, ganti bajuĀ dan menyiapakan alas tidurnya sendiri.