ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Muhamad Setyo Arbangin SD Negeri 3 Ropoh
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: fotosintesis, miskonsepsi, peta konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada materi fotosintesis dan faktor penyebab terjadinya, dengan menggunakan peta konsep pada siswa SD Negeri 3 Ropoh Kepil Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Ropoh yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berbasis peta konsep, dan observasi. Dengan keabsahan data diperoleh melalui triagulasi metode dan triagulasi sumber data. Hasil yang telah dilakukan menunjukan bahwa, siswa dapat mereduksi miskonsepsi menggunakan Peta Konsep ini. Konsep pada produk yang di hasilkan pada proses fotosintesis menjadi konsepsi atau pemahaman paling tinggi, sedangkan konsep pada proses fotosintesis yang memerlukan cahaya menjadi konsepsi atau pemahaman paling rendah. Penyebab atau sumber miskonsepsi yang di alami oleh siswa berasal dari miskonsepsi yang bersumber dari bahan ajar dan berasal dari pemahaman mereka sendiri.

Published
2024-02-29
How to Cite
Arbangin, M. S., & Ngazizah, N. (2024). ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121-126. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/5417
Section
Articles