Analisis Hambatan Membaca Nyaring Ditinjau dari Minat Baca Murid pada Tema 5 Subtema 1 Kelas III SD Negeri Sutoragan Purworejo
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui hambatan membaca nyaring ditinjau dari minat baca murid pada tema 5 subtema 1 kelas III SD Negeri Sutoragan. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif untuk mengetahui hambatan membaca nyaring ditinjau dari minat baca. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang dianalisis terdiri dari 5 murid kelas III SD Negeri Sutoragan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Minat baca murid rendah, tidak senang diberi tugas membaca, lebih tertarik bermain game daripada membaca buku, sehingga menyebabkan kesulitan membaca nyaring. Hambatan yang dialami yaitu tidak lancar membaca, kesulitan membaca kata perkata, tidak memperhatikan jeda, belum memahami bacaan. Penyebab murid mengalami hambatan membaca nyaring disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dari diri murid dan faktor eksternal dari lingkungan sekitar murid. Faktor internal disebabkan karena kurangnya minat baca, tidak senang membaca, merasa tidak semangat, tidak senang ketika membaca buku, tidak memanfaatkan waktu luang dengan berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku, tidak rutin membaca buku pengetahuan, ketika membaca tidak terbawa suasana dengan isi cerita. Faktor eksternal disebabkan karena orang tua kurang memberikan pendampingan dan perhatian untuk belajar membaca di rumah. Orang tua tidak rutin membelikan buku bacaan dan tidak rutin mengingatkan membaca.
Copyright (c) 2025 Widiyah Tri Ramadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.