Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Praktik Pembelajaran IPA

  • Dwi Hesty Kristyaningrum Universitas Peradaban Bumiayu
  • Winarto Universitas Peradaban Bumiayu
Keywords: Persepsi, Praktik pembelajaran IPA, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar terhadap praktik pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode survei diskriptif. Responden dalam penelitian ini guru sekolah dasar di wilayah Jawa Tengah yang berjumlah 41 guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi praktik pembelajaran IPA. Instrumen tersebut sudah melalui tahap validasi ahli dan pengujian empiris. Validitas instrumen menggunakan analisis faktor eksploratori. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian Persepsi guru IPA terhadap SIP Guru SD memiliki kategori cukup. Dimensi El, EE, SDC guru IPA SD kategori cukup. Dimensi EPK guru SD kategori cukup. Dimensi TI guru SD kategori baik. Persepsi guru IPA terhadap praktik pembelajaran IPA berada pada kategori cukup.

Published
2020-08-31
How to Cite
Kristyaningrum, D. H., & Winarto. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Praktik Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30-41. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/903
Section
Articles