Digital Skill Guru melalui E-Modul sebagai Inovasi Bahan Ajar di Era Disrupsi 4.0

  • Kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Maharani Putri Kumalasani Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Digital skill, Respon guru, E-Module, Bahan ajar

Abstract

Selain memiliki dan mengembangkan empat kompetensi dasar (kepribadian, sosial, pedagogik dan profesional), guru diharuskan untuk mengikuti literasi TIK dasar. Pentingnya program untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan TIK untuk kegiatan pembelajaran yang dianggap sangat strategis dalam upaya percepatan distribusi pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk lebih menggambarkan respons guru setelah berpartisipasi dalam pelatihan membuat modul elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah-langkah berikut: melakukan wawancara, memberikan kuesioner, dokumentasi, catatan lapangan, analisis data, reduksi data, dan kesimpulan akhir. Hasil keterampilan guru menunjukkan bahwa guru berasumsi bahwa pelatihan e-modul dapat meningkatkan kompetensi guru, e-modul adalah bahan ajar yang dikemas menarik yang menghasilkan motivasi belajar siswa, pengetahuan dan wawasan guru yang lebih luas dan peningkatan kompetensi terkait TIK.

Author Biography

Maharani Putri Kumalasani, Universitas Muhammadiyah Malang

Selain memiliki dan mengembangkan empat kompetensi dasar (kepribadian, sosial, pedagogik dan profesional), guru diharuskan untuk mengikuti literasi TIK dasar. Pentingnya program untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan TIK untuk kegiatan pembelajaran yang dianggap sangat strategis dalam upaya percepatan distribusi pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk lebih menggambarkan respons guru setelah berpartisipasi dalam pelatihan membuat modul elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah-langkah berikut: melakukan wawancara, memberikan kuesioner, dokumentasi, catatan lapangan, analisis data, reduksi data, dan kesimpulan akhir. Hasil keterampilan guru menunjukkan bahwa guru berasumsi bahwa pelatihan e-modul dapat meningkatkan kompetensi guru, e-modul adalah bahan ajar yang dikemas menarik yang menghasilkan motivasi belajar siswa, pengetahuan dan wawasan guru yang lebih luas dan peningkatan kompetensi terkait TIK.

Published
2020-08-31
How to Cite
Kuncahyono, & Kumalasani, M. P. (2020). Digital Skill Guru melalui E-Modul sebagai Inovasi Bahan Ajar di Era Disrupsi 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 10-11. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/906
Section
Articles