Inovasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar

  • Heny Kusuma Widyaningrum Universitas PGRI Madiun
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar, Keterampilan Menulis Narasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwa model pembelajaran kontekstual
berpengaruh prestasi belajar siswa dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di
SDN Purwosari 01, Kabupaten Ngawi. Penelitian eksperimen ini menggunakan tipe
nonequivalent control group design. Jumlah populasi 40 siswa. Sampel menggunakan
teknik random sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel, yakni 20 siswa
kelas IV SDN Purwosari 01 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IV di SDN
Purwosari 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan model pembelajaran
kontekstual berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan keterampilan menulis narasi
kelas IV. Dari hasli uji t diketahui bahwa thitung
4,217 > ttabel
2,093. Artinya, hipotesis
diterima. Selain itu, nilai rata-rata tes hasil belajar dengan menggunakan model
pembelajaran kontekstual yaitu sebesar 85 lebih tinggi dengan menggunakan
pembelajaran konvensional yang mencapai nilai rata-rata 71,25. Jadi, ada pengaruh
model pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar siswa menulis narasi di sekolah
dasar.

Published
2020-08-31
How to Cite
Widyaningrum, H. K. (2020). Inovasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 62-70. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/908
Section
Articles