Perbandingan Model Pembelajaran NHT dan STAD Berbantuan Media Tangga Warna Terhadap Kemampuan Pecahan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan
pemecahan masalah siswa antara siswa menggunakan model pembelajaran NHT dengan
siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Tangga Warna.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Wanoja. Sampel dalam penelitian
ini menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan uji T
independen. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan dalam penerapan model
NHT dan STAD dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil
uji T diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,206 > 2,434. Maka H0 ditolak, Artinya terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model
pembelajaran NHT dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran STAD siswa kelas IV SD di Desa Wanoja Tahun Pelajaran
2018/2019.