Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping Serta Pengaruhnya Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) berbantuan Mind Mapping terhadap metakognisi dan
hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Univeritas PGRI Madiun yang
berjumlah 34 mahasiswa kelas 3D sebagai kelas eksperimen dan kelas 3F sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 36. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain penelitian menggunakan desain True Experimental Design. Jenis penelitian ini
yaitu Posttest-Only Control Design. Desain ini merupakan salah satu desain yang paling
sederhana dalam eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan test. Analisis data
menggunakan metode statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji t metakogisi diperoleh
t hitung = 2,320 dengan α = 0,05 dan t tabel = 1,686. Analisis hasil belajar diperoleh t
hitung = 5,104 dengan α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,686. Keduanya berarti t hitung =
5,104 dan t hitung = 2,320 > t tabel = 1,686. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan Mind Mapping dibandingkan
dengan menggunakan konvensional.