Analisis Keterampilan Membaca Melalui Pojok Baca Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

  • Cerianing Putri Pratiwi Universitas PGRI Madiun
Keywords: Keterampilan Membaca, Pojok Baca

Abstract

Melalui pojok baca siswa diharapkan sering membaca untuk mendapatkan pengetahuan
dan ilmu yang bermanfaat setelah melakukan kegiatan di pojok baca. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca SDN Dinden 1 melalui pojok baca.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini
yaitu guru dan siswa kelas 5 SDN Dinden 1. Di mana pengumpulan data diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan selama penelitian. Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan analisis data yang didapatkan selama proses penelitian yaitu siswa cukup
aktif dalam pembiasaan membaca di pojok baca tetapi ada beberapa siswa yang kurang
dalam pembiasaan membaca. Banyak siswa yang keterampilan membacanya meningkat
sejak adanya pojok baca.

Published
2020-08-31
How to Cite
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Melalui Pojok Baca Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 79-86. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/914
Section
Articles