Hubungan Persepsi Siswa terhadap Metode Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SDN Karanggedang

  • Awal Jati Kusuma Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Itsna Iftayani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Widyaning Hapsari Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Persepsi Siswa terhadap Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap metode mengajar guru  dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 4,5 dan 6 yang berjumlah 64 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat berupa motivasi belajar siswa dan variabel bebas berupa persepsi siswa terhadap metode mengajar guru. Instrumen yang digunakan berupa skala persepsi siswa terhadap metode  mengajar guru dan skala motivasi  belajar  siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi dengan product moment person. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,647 atau 64,7 %, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara persepsi siswa terhadap metode mengjar  guru  dengan motivasi belajar siswa SDN Karanggedang. Berdasarkan tujuan  dan analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap metode mengajar guru berhubungan kuat terhadap motivasi belajar siswa SDN Karanggedang

Published
2022-10-25
How to Cite
Kusuma, A. J., Iftayani, I., & Hapsari, W. (2022). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Metode Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SDN Karanggedang. Journal of Psychosociopreneur, 1(2), 38-44. https://doi.org/10.37729/jpsp.v1i2.3495
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)