Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi

  • Ridho Harmawan Mulkhan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Itsna Iftayani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Karsiyati Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Motivasi Belajar, Faktor-Faktor, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 147 siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, minat belajar dan fasilitas belajar. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar dalam penlitian ini adalah faktor lingkungan keluarga, minat belajar dan fasilitas belajar. Faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh/hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang rendah di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Sedangkan faktor lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi siswa yang rendah di SMP Muhammadiyah Purwodadi.

Published
2022-10-25
How to Cite
Mulkhan, R. H., Iftayani, I., & Karsiyati. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Journal of Psychosociopreneur, 1(2), 45-50. https://doi.org/10.37729/jpsp.v1i2.3498
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)