Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 147 siswa di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, minat belajar dan fasilitas belajar. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar dalam penlitian ini adalah faktor lingkungan keluarga, minat belajar dan fasilitas belajar. Faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh/hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang rendah di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Sedangkan faktor lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi siswa yang rendah di SMP Muhammadiyah Purwodadi.