Pengaruh Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan terhadap Grit pada Peserta Didik Kelas XII SMK Keperawatan

  • Lina Nurhayati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Itsna Iftayani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Widyaning Hapsari Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Persepsi Keterlibatan Ayah, Grit, Peserta Didik Keperawatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap grit pada peserta didik kelas XII SMK Keperawatan. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XII Keperawatan SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo dengan jumlah 39 orang. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampel jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket keterlibatan ayah dan grit dengan skala Likert. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana.                           

Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0.018 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Pengaruh yang diberikan sebesar 14,2% sedangkan sisanya 85,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Grit tidak hanya dipengaruhi oleh pola asuh (parenting) saja tetapi dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat, ketekunan, tujuan dan hope.

Kata kunci : persepsi keterlibatan ayah, grit, peserta didik keperawatan

Published
2023-10-29
How to Cite
Nurhayati, L., Iftayani, I., & Hapsari, W. (2023). Pengaruh Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan terhadap Grit pada Peserta Didik Kelas XII SMK Keperawatan. Journal of Psychosociopreneur, 2(2), 32-37. https://doi.org/10.37729/jpsp.v2i2.3680
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)