Pengaruh Organizational Citizenship Behavior dan Syukur Terhadap Kepuasan Kerja

  • Rahmat Aji Laksono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Wanodya Kusumastuti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Meriam Esterina Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Organizational Citizenship Behavior, Syukur, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh OCB terhadap kepuasan kerja, (2) mengetahui pengaruh syukur terhadap kepuasan kerja dan (3) mengetahui pengaruh OCB dan syukur terhadap kepuasan kerja. Merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang di analisis menggunakan uji regresi. Populasi pada penelitian  ini adalah karyawan non-manajerial pada UKM LTR, Kota Magelang. Sampel penelitian berjumlah 85 responden dengan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan tiga skala psikologis yang dinilai dengan skala Likert dan sudah diuji baca dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial variabel OCB berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan UKM LTR dengan nilai t 2,682 dan nilai sig. 0,009, (2) secara parsial variabel syukur berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan UKM LTR dengan nilai t 5,076 dan nilai sig. 0,000, (3) secara simultan variabel OCB dan variabel syukur bersama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan UKM LTR dengan nilai F 23,102 dan nilai sig. 0,000. Kesimpulannya semakin tinggi OCB dan Syukur maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan kerja yang ada pada karyawan UKM LTR.

Published
2023-02-25
How to Cite
Laksono, R. A., Kusumastuti, W., & Esterina, M. (2023). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior dan Syukur Terhadap Kepuasan Kerja. Journal of Psychosociopreneur, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.37729/jpsp.v2i1.3520
Section
Articles