Analisis Karakteristik Butir Soal Fisika Dengan Pendekatan IRT Penskoran Dikotomus dan Politomus

  • Duden Saepuzaman Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Edi Istiyono Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Haryanto Haryanto Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Heri Retnawati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Yustiandi Yustiandi SMA Negeri CMBBS, Pandeglang, Banten, Indonesia
Keywords: Parameter butir, Dikotomus, Politomus

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan parameter butir soal Fisika materi Usaha dan Energi menggunakan pendekatan item response theory (IRT) penskoran dikotomus dan politomus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 1175 siswa SMA kelas XI yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten  yang terdiri 450 siswa laki-laki dan 725 siswa perempuan. Data respon dengan penskoran dikotomus dianalisis menggunakan pendekatan teori respon butir dengan program BILOG-MG sedangkan untuk penskoran politomus dianalisis dengan pendekatan GPCM  menggunakan program R guna mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaran, daya beda, kecocokan butir, estimasi kemampuan peserta didik. Hasil uji kecocokan model menunjukkan bahwa butir soal paling banyak fit dengan model 2PL. Hasil penelitian menunjukan bahwa parameter butir soal Fisika materi Usaha dan Energi dengan penskoran dikotomus menunjukkan keseluruhan butir memiliki kriteria butir baik dan dengan penskoran politomus menunjukkan hampir seluruh butir kategori baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Mardapi, “Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes,” Yogyakarta: Mitra Cendekia, vol. 127. p. 88, 2008.

A. Pollard and J. Collins, Reflective teaching. A&C Black, 2005.

R. K. Hambleton, R. J. Shavelson, N. M. Webb, H. Swaminathan, and H. J. Rogers, Fundamentals of item response theory, vol. 2. Sage, 1991.

D. Saepuzaman, H. Haryanto, E. Istiyono, H. Retnawati, and Y. Yustiandi, “Analysis of Items Parameters on Work and Energy Subtest Using Item Response Theory,” J. Pendidik. MIPA, vol. 22, no. 1, pp. 1–9, 2021.

M. J. Gierl, “Making diagnostic inferences about cognitive attributes using the rule-space model and attribute hierarchy method,” J. Educ. Meas., vol. 44, no. 4, pp. 325–340, 2007, doi: 10.1111/j.1745-3984.2007.00042.x.

M. J. Gierl, Y. Zheng, and Y. Cui, “Using the attribute hierarchy method to identify and interpret cognitive skills that produce group differences,” J. Educ. Meas., vol. 45, no. 1, pp. 65–89, 2008, doi: 10.1111/j.1745-3984.2007.00052.x.

M. R. Roberts and M. J. Gierl, “Developing Score Reports for Cognitive Diagnostic Assessments,” Educational Measurement: Issues and Practice, vol. 29, no. 3. pp. 25–38, 2010, doi: 10.1111/j.1745-3992.2010.00181.x.

E. Istiyono, “Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern.” UNY Press Yogyakarta, 2018.

J. Tognolini and M. Davidson, “How do we operationalise what we value? Some technical chalenges in assessing higher order thinking skills.” 2003.

A. Isgiyanto, “Perbandingan Penyekoran Model Rasch dan Model Partial Credit pada Matematika,” J. Kependidikan Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 43, no. 1, 2013.

D. Saepuzaman, E. Istiyono, and W. Widihastuti, “Validitas dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Skala Sikap Siswa Terhadap Fisika Dengan Analisis Faktor Konfirmatori,” J. Ris. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, 2021.

H. Retnawati, Teori Respons Butir dan Penerapannya:, 1st ed. Yogyakarta: Nuha Medika_ Yogyakarta, 2014.

R. E. HAIR JR, J.F.; BLACK, W.C.; BABIN, B.J; ANDERSON, “Análise Multivariada de Dados.,” Bookm. Ed., 2006.

C. DeMars, Item response theory. Oxford University Press, 2010.

R. K. Hambleton and H. Swaminathan, Item response theory: principles and applications. Boston, MA: Kluwer-Nijhoff,”, 1985.

D. Sepuzaman, E. Istiyono, H. -, H. Retnawati, and Y. -, “Analisis Estimasi Kemampuan Siswa Dengan Pendekatan Item Response Theory Penskoran Dikotomus Dan Politomus,” Karst J. Pendidik. Fis. DAN Ter., vol. 4, no. 1, pp. 8–13, 2021, doi: 10.46918/karst.v4i1.948.

M. D. Toit, IRT from SSI: Bilog-MG, multilog, parscale, testfact. Scientific Software International, 2003.

H. Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.

D. Kaur and Y. Zhao, “Development of Physics Attitude Scale (PAS): An Instrument to Measure Students’ Attitudes Toward Physics,” Asia-Pacific Educ. Res., vol. 26, no. 5, pp. 291–304, Oct. 2017, doi: 10.1007/s40299-017-0349-y.

H. Retnawati, S. Munadi, J. Arlinwibowo, N. F. Wulandari, and E. Sulistyaningsih, “Teachers’ difficulties in implementing thematic teaching and learning in elementary schools,” New Educ. Rev., vol. 48, no. 2, pp. 201–212, 2017, doi: 10.15804/tner.2017.48.2.16.

Published
2021-09-30
How to Cite
Saepuzaman, D., Istiyono, E., Haryanto, H., Retnawati, H., & Yustiandi, Y. (2021). Analisis Karakteristik Butir Soal Fisika Dengan Pendekatan IRT Penskoran Dikotomus dan Politomus . Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 62-75. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1200
Section
Articles