Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Inteligensi Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Binangun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan tingkat inteligensi siswa terhadap kemandirian belajar fisika kelas X SMA Negeri 1 Binangun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Binangun dengan subjek penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yakni angket, observasi, dokumentasi, kuesioner terbuka, dan data sekunder. Untuk menkaji pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan tingkat inteligensi siswa terhadap kemandirian belajar fisika menggunakan teknik analisis two way anova dengan taraf signifikan 0,05 dengan bantuan program komputer SPSS for windows versi 17.0. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kemandirian belajar fisika dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, (2) ada pengaruh tingkat inteligensi siswa terhadap kemandirian belajar fisika dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, (3) ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan tingkat inteligensi siswa terhadap kemandirian belajar fisika dengan nilai signifikansi sebesar 0,046.