Penerapan Stad Untuk Peningkatan Interpersonal Skill Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al-Fatah Sidomoro Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Siti Asroriyatun Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: STAD, Interpersonal skills

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan interpersonal skill melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD  pada siswa MTs Al-Fatah Sidomoro, Buluspesantren, Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan di MTs Al-Fatah Sidomoro, Buluspesantren, Kebumen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan interpersonal skill siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas VII A MTs Al Fatah Sidomoro. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi interpersonal skill siswa yang diperoleh persentase rata-rata 55% pada pra siklus, 64% pada siklus I, dan 71% pada siklus II. Prestasi belajar siswa kelas VII A juga meningkat dilihat dari nilai rata-rata 59,20 pada prasiklus, menjadi 67,50 pada siklus I, dan menjadi 75,28 pada siklus II. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah adalah 75 serta persentase kelulusan adalah 66,67%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-30
How to Cite
Asroriyatun, S., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2015). Penerapan Stad Untuk Peningkatan Interpersonal Skill Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al-Fatah Sidomoro Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(2), 34-36. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/290
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>