Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Model Think Talk Write Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir

  • Arif Nurohman Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, TTW, SPPKB

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam pemecahan masalah fisika menggunakan model Think Talk Write (TTW) Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada pokok bahasan Fluida Dinamis hingga mencapai persentase kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah kurang lebih sebanyak 80%. Hasil penelitian yang dianalisa secara deskriptif menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah siswa yang awalnya memiliki persentase skor tes 64,9% di kegiatan prasiklus meningkat menjadi 72% di akhir siklus I dan meningkat kembali menjadi 80,2% di akhir siklus II. Hasil angket juga menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dari persentase 74,2% di kegiatan prasiklus, menjadi 77% di akhir siklus I dan meningkat kembali menjadi 79,9% di akhir siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model TTW berbasis SPPKB dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah fisika pada pokok bahasan fluida dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Nurohman, A., Ashari, A., & Nurhidayati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Model Think Talk Write Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir . Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 15-19. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/398
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>