Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Karakteristik Zat dan Perubahannya

  • Maria Novilia Sugo Universitas Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Adrianus Nasar Universitas Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Aloisius Harso Universitas Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Keywords: Efektivitas pembelajaran, Discovery learning, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi Karakteristik zat dan perubahannya. Jenis penelitian adalah ex-post facto dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPK Rokatenda Palue tahun pelajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa yang diperoleh dengan teknik proportionate simple random sampling. Data ditampilkan secara deskriptif dan diuji dengan perbedaan rata-rata melalui one sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan one sample t-test  menunjukkan bahwa ada pengaruh dari model  discovery learning terhadap hasil belajar yang ditunjukkan pada nilai signifikan 0,000 < 0,05  di mana H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA Materi Karakteristik Zat dan Perubahannya

Downloads

Published
2021-04-30
How to Cite
Sugo, M. N., Nasar, A., & Harso, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Karakteristik Zat dan Perubahannya. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(1), 44-50. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i1.987
Section
Articles