Strategi Promosi Benih Melon pada Masa Pandemi Covid-19 di PT Tunas Agro Persada Kabupaten Boyolali
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui penjualan benih melon sebelum dan saat pandemic covid-19; 2) strategi promosi benih melon sebelum masa pandemic covid-19; dan 3) strategi promosi benih melon di masa pandemi covid-19. Metode penelitian adalah studi kasus di PT Tunas Agro Persada Kabupaten Boyolali. Pemilihan sampel lokasi secara purposive sampling. Responden yang dijadikan sampel adalah Kepala Cabang, Manajer Pemasaran, Manajer Produksi, Staf Promosi, dan Bagian Personalia. Analisis data secara deskriptif analitis. Data yang diambil adalah data penjualan tahun 2019 (sebelum pandemic covid-19) dan data penjualan tahun 2020 (masa pandemi covid-19). Hasil analisis menunjukkan bahwa penjualan benih melon sebelum pandemi dan masa pandemi mengalami peningkatan. Penjualan benih melon tertinggi sebelum pandemi adalah benih melon Kirani, sedangkan pada masa pandemi adalah benih melon New Kinanti. Daerah penjualan tertinggi adalah Jawa Timur. Strategi promosi yang dilakukan sebelum pandemi yaitu Farmer Meeting (FM), One Day Promo (ODP), Farmer Field Day (FFD), Pameran (Expo), Big Promo, dan Personal Selling. Strategi promosi pada masa pandemic adalah menggunakan sosial media (facebook, instagram, whats app), tuko online di akun Shopee dan Tokopedia, serta memberikan pelayanan delivery order ojek online.
Kata Kunci: benih melon, masa pandemi, strategi promosi