Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Ekonomi

  • Farida Fadlilah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Trisno Martono Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Hery Sawiji Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
Keywords: Pendidikan Karakter, Ekonomi, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya adalah dengan melalui proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong-royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Pada Era globalisasi seperti sekarang ini, kehidupan bangsa banyak dipengaruhi oleh budaya asing baik melalui media cetak maupun media elektronik. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Proses pembelajaran termasuk pada

pembelajaran ekonomi sangat perlu diikuti oleh pendidikan karakter agar peserta didik mampu  mengaplikasikan semua ilmu pengetahuan yang diperoleh sesuai dengan falsafah dan pola hidup yang merujuk pada semua aturan dan kebiasaan bangsa Indonesia. Proses pembelajaran ekonomi hendaknya lebih memperhatikan teori-teori yang sesuai dengan kehidupan bangsa Indonesia dan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek yang harus dioptimalkan dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Published
2018-05-31
How to Cite
Fadlilah, F., Martono, T., & Sawiji, H. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Ekonomi. Surya Edunomics, 2(1), 9-21. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/1059
Section
Articles