Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kebumen. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kebumen berjumlah 70. Sampel berjumlah 60 siswa, ditentukan menggunakan tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling, instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi kinerja guru dalam kelas rerata skor (1,99) kualifikasi “cukup”, fasilitas pembelajaran rerata skor (2,00) kualifikasi “cukup”, sikap siswa rerata skor (2,03) kualifikasi “cukup”, dan motivasi belajar siswa rerata skor (2,05) kualifikasi “cukup” dan output pembelajaran dari penilaian akhir semester rerata skor (2,90) kualifikasi “baik”. Berdasarkan hasil tersebut maka program pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kebumen menunjukkan rerata total skor (2,46), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen termasuk kualifikasi “baik”.
Copyright (c) 2022 Arum Melinawati, Sugeng Eko Putro Widoyoko, Cahyo Apri Setiaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.