Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI

  • Arum Melinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kebumen. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kebumen berjumlah 70. Sampel berjumlah 60 siswa, ditentukan menggunakan tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling, instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi kinerja guru dalam kelas rerata skor (1,99) kualifikasi “cukup”, fasilitas pembelajaran rerata skor (2,00) kualifikasi “cukup”, sikap siswa rerata skor (2,03) kualifikasi “cukup”, dan motivasi belajar siswa rerata skor (2,05) kualifikasi “cukup” dan output pembelajaran dari penilaian akhir semester rerata skor (2,90) kualifikasi “baik”. Berdasarkan hasil tersebut maka program pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kebumen menunjukkan rerata total skor (2,46), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen termasuk kualifikasi “baik”.

Published
2022-05-31
How to Cite
Melinawati, A., Widoyoko, S. E. P., & Setiaji, C. A. (2022). Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI . Surya Edunomics, 6(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2266
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)