Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X

  • Novita Indah Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Lingkungan Keluarga, Literasi Digital, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan literasi digital baik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Prembun Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini kelas X IPS SMA Negeri 1 Prembun Kabupaten Kebumen yang berjumlah 178 siswa. Sampel penelitian berjumlah 119 siswa, ditentukan dengan berpedoman dari tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket dengan skala likert. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berada pada kategori baik (53,78%), literasi digital termasuk dalam kategori cukup baik (61,34%) dan prestasi belajar termasuk dalam kategori cukup baik (40,34%). Berdasarkan analisis inferensial menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 5,38% (rx1y = 0,232, thitung = 2,570, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital terhadap hasil belajar sebesar 4,57% (rx2y = 0,214, thitung = 2,363, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan literasi digital secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 17,40% % (R =0,418, Fhitung = 12,251, sig ≤ 0,05). Sedangkan 82,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Published
2021-11-30
How to Cite
Lestari, N. I. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X . Surya Edunomics, 5(1), 9-14. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2368
Section
Articles