Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) Kualitas butir soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA. (2) Kepraktisan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian berjumlah 6 siswa berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing kemampuan berpikir berjumlah 2 siswa. Model penelitian ini menggunakan Martin Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping. Pengambilan data dengan mengunakan angket dengan skala likert dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil kevalidan dan kepraktisan pengembangan soal HOTS materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Purworejo yang sangat baik dan praktis. Hasil pengembangan diperoleh validitas yaitu berdasarkan hasil validasi dari 3 orang validator yaitu satu dosen ahli materi, satu dosen ahli evaluasi, dan satu guru praktis. diperoleh skor sebesar (3,76) yang berarti soal tes HOTS ini berada pada kriteria “sangat baik”. Sehingga prototype dapat dikatakan valid. Selanjutnya soal tes HOTS yang sudah dikembangankan dilakukan try out kepada 6 orang peserta didik pada tahap small group dan diperoleh skor sebesar (76,25%) yang dapat dikatakan “praktis”. Dapat disimpulkan soal tes HOTS yang peneliti kembangkan “sangat baik “dan “praktis”.