Penggunaan Metode Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ips

  • Ahmad Fathi Abdulah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Blended Learning, Hasil Belajar

Abstract

“Penggunaan Metode Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMAN 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi menggunakan metode blended learning.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas dengan penerapan model blended learning ini terdiri dari dua siklus kegiatan, yaitu siklus I dan siklus II.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1)  Pada siklus I yakni penyampaian materi ekonomi dengan metode blended learning dan metode ceramah didapatkan nilai rata-rata 80,83 dengan siswa yang memperoleh nilai KKM yaitu 75,00 sebanyak 30 siswa (83%) dari 36 siswa.(2)Pada siklus II yakni dengan penyampaian materi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi metode blended learning secara ceramah dan diskusi namun bedanya pada siklus ini siswa lebih aktif. Berdasarkan hasil nilai pada siklus I maka diperoleh nilai rata-rata 80,83 dengan siswa yang mendapatakan nilai diatas KKM yaitu 75,00 ada 30 siswa (83%) dan ada 6 anak yang mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 75,00. Jika dilihat dari peningkatan hasil perorangan dari tahap siklus I ke siklus II seluruhnya dari 36 siswa (100%) mengalami peningkatan. Begitu juga dengan hasil nilai rata-rata pada tahap siklus I dari 80,83 menjadi 91,94  pada silklus II.

Published
2022-11-30
How to Cite
Abdulah, A. F., Setiaji, C. A., & Rinawati, A. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ips . Surya Edunomics, 7(1), 13-18. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/3676
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>