Strategi Peningkatan Soft Skill Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Kooperatife Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan

  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Fazlur Rahman Alfarizi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Soft Skill, Student Teams Achivement Divisions, Mata Pelajaran Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan Soft Skill siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X C TP (Teknik Permesinan) SMK TKM Purworejo, dengan jumlah siswa 33 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan Soft Skill menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumen dan catatan lapangan. Penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions pada mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan Soft Skill siswa kelas X C TP SMK TKM Purworejo. Hasil ini didukung data kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase Soft Skill siswa pada pra siklus sebesar 64,30%, pada siklus I meningkat menjadi 67,24% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,42%.

Published
2017-11-27
How to Cite
Rinawati, A., & Alfarizi, F. R. (2017). Strategi Peningkatan Soft Skill Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Kooperatife Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Surya Edunomics, 1(1), 14-24. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/1092
Section
Articles