Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI
Abstract
Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pengaruh kompetensi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten wonosobo tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 138 siswa diambil sampel 100 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Proportionate statified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan analisis dokumentasi. Analisis menggunakan korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi mata pelajaran ekonomi sebesar 22,32% (r= 0,624; t= 7.821, sig ≤ 0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi sebesar 20,67% sebesar 0,578, (r= 0,578; t= 6.974, sig ≤ 0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan lingkungan keluarga secara bersama-sama sebesar 43% (Fhitung= 36.607, r= 0,656, sig ≤ 0,05) terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo, sedangkan 57% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dengan persamaan regresi Y= 28,168 + 0,576X1 + 0,570X2. Kajian ini menyimpulkan bahwa kompetensi guru berada pada katagori sering 50%, lingkungan keluarga berada pada katagori setuju 69%, dan prestasi mata pelajaran ekonomi berada dalam katagori cukup baik 69%.