Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif STAD dan CRH dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Purworejo dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dan CRH dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Purworejo. Dengan model pembelajaran kooperatif STAD pada siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 70,57 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,94. Sedangkan dengan model pembelajaran kooperatif CRH pada siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 80,74 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,03. Model pembelajaran kooperatif CRH lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Purworejo pada bahan kajian Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi dilihat dari perolehan rata-rata hasil post test pada siklus I dan siklus II serta dari perolehan rata-rata peningkatan hasil post test siklus I ke siklus II.