eval_uasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa Raganya

  • Annisatul Luayyinah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Evaluasi Program, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeval____uasi tingkat keberhasilan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya di SMA Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eval____uasi dengan model CIPP dan metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Populasi semua fasilitator yaitu 20 orang, coordinator 1 orang dan peserta didik kelas XI yaitu 248. Sedangkan untuk sampel, sampel berjumlah 12 fasilitator, 1 koordinaror dan 145 peserta didik kelas XI yang ditentukan dengan pedoman tabel Krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil eval____uasi yang dilakukan yaitu Aspek konteks rerata yaitu 3,69 dengan kualifikasi sangat baik, aspek input rerata skor yaitu 3,31 dengan kualifikasi sangat baik, aspek proses dengan rerata skor yaitu 3,3 dengan kualifikasi sangat baik dan aspek produk dengan rerata skor 3,09 kualifikasi sangat baik.  Berdasarkan hasil tersebut maka eval____uasi pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila menunjukkan rerata secara keseluruhan yaitu 3,34 dengan kualifikasi sangat baik. Ada beberapa kendala yang dihadapi saat pelaksanaan kegiatan P5 tersebut yaitu 1) kurangnya antusiasisme dari peserta didik terkait dengan materi. 2) Kurangnya sumber daya yang ada. 3) Sarana dan Prasarana yang kurang mendukung atau memadai.

Published
2024-11-30
How to Cite
Luayyinah, A., Widoyoko, E. P., & Setiaji, C. A. (2024). eval_uasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa Raganya . Surya Edunomics, 11(1), 19-28. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/5674
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)