Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian ini sebanyak 107 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS dan jumlah sampel 84 siswa ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Jenis penelitian adalah ex post facto. Pengumpulan dan mengunakan metode angket atau kuisioner dan pengambilan data prestasi siswa dari nilai PAS semester ganjil. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan korelasi parsial, korelasi ganda dan regresi ganda.Berdasarkan analisis deskriptif variabel lingkungan keluarga tergolong cukupĀ sebesar 58%, variabel motivasi belajar tergolong cukup sebesar 69% dan variabel prestasi belajar tergolong baik sebesar 50%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) variabel lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar sebesar 2,46% (r=0,157). (2) terdapat pengaruh yang positif antara variabel variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,57% (r=0,076). (3) terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi sebesar 3,1% (R=0,177). Sedangkan 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.