PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Konsumen Minuman Lokita di Purworejo)

  • Nugraheni Wahyu Dwi Saputri Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titin Ekowati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dedi Runanto Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Perkembangannya zaman menyebabkan keperluan konsumen akan berbagai hal tidak pernah terpuaskan dan semakin meningkat, karena masyarakat memiliki penilaian masing-masing dalam menentukan pilihannya. Melalui proses masyarakat akan menilai suatu produk untuk memutuskan berminat atau tidak membeli suatu produk. Memutuskan berminat atau tidaknya suatu produk biasanya ditandai denngan adanya keinginan memenuhi kebutuhan. Dalam memenuhi kebutuhannya masyarakat terkadang dihadapkan dengan berbagai pilihan, haltersebut memaksa masyarakat menentukan dan mengambil pilihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Berbagai hal yang menjadi pemicu purchase intention adalah perceived quality, perceived price, dan perceived value. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) pengaruh perceived quality terhadap purchase intention, (2) pengaruh perceived price terhadap purchase intention, (3) pengaruh perceived value terhadap purchase intention. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang memiliki ketertarikan untuk membeli minuman lokita di Purworejo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 150 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)perceived quality berpengaruh positif dan signifkan terhadap purchase intention. (2)Perceived price berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. (3) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kata kunci :Perceived Quality, Perceived Price, Perceived Value,Purchase Intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-30
How to Cite
Saputri, N. W. D., Ekowati, T., & Runanto, D. (2024). PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Konsumen Minuman Lokita di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(6). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i6.5887