Profil Literasi Sains Peserta Didik SMA Dimensi Kompetensi Pada Pembelajaran Fisika

  • Desi Adhari Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Sri Fatmawati Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Yeprina Prihatini Asie Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Suhartono Suhartono Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Abstract

Literasi sains ialah keterampilan krusial di abad ke-21 yang mendukung peserta didik dalam menghadapi perkembangan sains dan teknologi. Namun, hasil asesmen internasional seperti PISA mengindikasikan, literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini ditujukan guna menganalisis tingkat literasi sains peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Palangka Raya berdasarkan dimensi kompetensi. Penelitian ini mempergunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 32 siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Instrumen berupa tujuh soal pilihan ganda dikembangkan berdasarkan indikator kompetensi ilmiah dari framework PISA. Teknik analisis data mempergunakan statistik deskriptif berupa persentase capaian tiap indikator. Temuan penelitian mengindikasikan, rata-rata capaian literasi sains siswa adalah 38%, termasuk berkategori sangat rendah. Indikator tertinggi adalah kemampuan memecahkan masalah dengan keterampilan kuantitatif (66%), sedangkan indikator terendah adalah pemahaman terhadap elemen desain penelitian (9%). Temuan ini mengindikasikan, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam berpikir ilmiah dan menafsirkan data. Penelitian ini memberikan gambaran kondisi aktual literasi sains siswa dan dapat menjadi dasar pengembangan strategi pembelajaran serta eval_uasi yang lebih relevan dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-28
How to Cite
Adhari, D., Fatmawati, S., Asie, Y. P., & Suhartono, S. (2025). Profil Literasi Sains Peserta Didik SMA Dimensi Kompetensi Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 6(2), 46-53. https://doi.org/10.37729/jips.v6i2.6170
Section
Articles