Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif Berbantu Dengan Metode Mind Mapping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) disertai metode Mind Mapping terhadap keaktifan belajar pada mata pelajaran dasar-dasar teknik otomotif siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Bandongan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar teknik otomotif pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Bandongan. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), keaktifan belajar siswa dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaku tindakan penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO E SMK Muhammadiyah Bandongan dengan jumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantu dengan metodee mind mapping pada mata pelajaran dasar-dasar teknik otomotif. Terdapat peningkatan pada penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap hasil belajar dapat terlihat dari meningkatnya presentase pos test siklus I persentase pos-test 63,33 persen, siklus II persentase pos-test 73,33 persen dan siklus III nilai persentase pos-test 86,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Jadi dengan semakin meningkatnya keaktifan belajar siswa akan semakin meningkat pula hasil belajar siswa.
Copyright (c) 2024 Mafuad Ramadhanaji, Suyitno Suyitno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.