Pelatihan Pengembangan Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada Materi Baca Tulis Al-Qur’an dan Fikih Ibadah di Batam dan Tanjungpinang

  • Saepuddin Saepuddin STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Indonesia
  • M. Zamhari STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Indonesia
Keywords: Kurikulum TPQ, Al-Tashil, Baca Tulis Al-Qur'an

Abstract

Keberadaan TPQ sangat dibutuhkan oleh orang tua sebagai tempat anak-anaknya belajar baca tulis Al-Qur’an dan dasar-dasar ilmu agama sebagai pondasi utama dalam kehidupan seorang muslim. Dalam perjalanannya, proses pendidikan yang ada di TPQ saat  ini belum memiliki kurikulum baik. Karena itu perlu diberikan pelatihan pengembangan kurikulum terutama pada materi baca tulis Al-Qur’an dan fikih ibadah agar mutu pendidikan TPQ semakin meningkat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan pelatihan dalam pengembangan kurikulum baca tulis Al-Qur’an dan fikih ibadah di TPQ di kecamatan Bengkong Kota Batam dan kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang. Pelaksanaan pelatihan pengembangan kurikulum TPQ pada materi baca tulis al-Qur’an dan fikih ibadah telah berjalan dengan baik. Para peserta mengikutinya dengan antusias. Hasil pelatihan yang didapat antara lain, yakni (1) peserta menyadari pentingnya pembuatan dan pengembangan kurikulum TPQ; (2) peserta juga dapat membuat kurikulum TPQ dan mengembangkan komponen kurikulum TPQ sesuai kondisi dan karaktristik TPQ masing-masing; (3) peserta dapat menerapkan metode At-Tashil dalam pembelajaran baca Al-Qur’an dengan baik. Kekurangan dari kegiatan ini ialah waktu pelaksaan yang terbatas sehingga disarankan untuk dilakukan pelatihan kurikulum berkelanjutan agar TPQ mampu mendidik anak-anak lebih baik sesuai dengan target capaiannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-31
How to Cite
Saepuddin, S., & Zamhari, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada Materi Baca Tulis Al-Qur’an dan Fikih Ibadah di Batam dan Tanjungpinang. Surya Abdimas, 5(2), 140-149. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1025
Section
Articles