Pendampingan Pengelolaan Bidang Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Toko Irma Jenoong, Bandung
Abstract
Toko Irma Jenoong adalah salah satu toko yang terletak di sekitar Pasar Cibogo, Bandung. Toko ini menjual berbagai jenis sepatu, sandal dengan berbagai varian untuk pria maupun wanita. Selain itu toko ini juga menjual beberapa barang lain seperti tas dan kaos kaki. Masalah yang terjadi adalah penampilan fisik dari Toko Irma Jenoong yang belum cukup menarik serta strategi pemasaran yang belum berkembang dengan baik. Tujuan dari kegiatan pengabdian kegiatan masyarakat ini adalah melakukan pendampingan dalam upaya mengembangkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Irma Jenoong sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR) berupa kegiatan pendampingan. Wawancara dan pengamatan dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada serta mengembangkan usulan. Usulan tersebut adalah membuatkan platform E-Commerce di Tokopedia disertai pelatihan untuk mengoperasikannya, penerapan Prinsip 5S (Seiri – Ringkas, Seiton – Rapi, Seiso – Bersih, Seiketsu – Rawat, Shitsuke – Rajin) pada penataan display toko, pemasangan banner horizontal dan vertikal di luar toko, pengadaan sticker logo dan penambahan rak tempel
Downloads
Copyright (c) 2021 Viola Kristianada, Christ Monica Simanjuntak, Frittandi Frittandi, David Kusumah Nugroho, Andrea Wardana, Pryamser Pasaribu, Cristy Caroline, Christina Christina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.