Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA

  • Irdalisa Irdalisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia
  • Gufron Amirullah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia
  • Husnin Nahry Yarza Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia
  • Tuti Marjan Fuadi Universitas Abdulyatama, Aceh, Indonesia
  • Mega Elvianasti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia
Keywords: Pelatihan, IPA, Laboratorium virtual

Abstract

Pembelajaran daring diakibatkan Covid-19 menuntut guru harus dapat mengadakan praktikum dalam pembelajaran IPA, namun keterbatasan keterampilan guru dalam mendesain praktikum di saat PJJ merupakan suatu permasalahan rumit yang harus dihadapi guru. Pelatihan penggunaan Laboratorium Virtual bertujuan untuk memberikan bekal dan keterampilan bagi guru IPA dalam memanfaatkan laboratorium virtual pada pembelajaran berbasis praktikum. Peserta dari kegiatan ini adalah guru IPA binaan Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta. Kegiatan pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi laboratorium virtual yang bernama “Laboratorium Maya-Rumah Belajar-Kemendikbud dan penggenalan aplikasi Labster. Peserta pelatihan berjumlah 54 orang. Kegiatan pelatihan terdiri dari tiga kegiatan diantaranya kegiatan pemberian materi, kegiatan praktik penggunaan laboratorium virtual, dan kegiatan evaluasi (tugas). Hasil dari kegiatan ini peserta sangat senang dengan diadakannya pelatihan pengenalan lab virtual, dan berharap kedepannya akan ada lagi pelatihan yang bermanfaat untuk membantu pembelajaran disaat pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-07
How to Cite
Irdalisa, I., Amirullah, G., Yarza, H. N., Fuadi, T. M., & Elvianasti, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA. Surya Abdimas, 5(4), 427-433. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i4.1352
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)