Penguatan Konsep-Konsep Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Wirausaha Muslim Pada Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) Kebumen

  • Titin Ekowati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Mahendra Galih Prasojo Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Konsep manajemen, Pemasaran syariah, Produk, Keuangan, Wirausaha

Abstract

Pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep manajemen seperti pemasaran Syariah, pengemasan produk, dan pengelolaan keuangan bisnis bagi para pelaku usaha kecil menengah merupakan hal yang sangat penting. Beberapa permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra pengabdian berkaitan dengan penerapan pemasaran Syariah, pengemasan produk dan pengelolaan keuangan yang belum memadai. Apabila pemahaman tentang hal-hal tersebut sudah dimiliki oleh pelaku usaha kecil menengah maka bisnis mereka dapat berkembang lebih pesat. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan penguatan konsep -konsep manajemen seperti pemasaran Syariah, pengemasan produk, dan pengelolaan keuangan bisnis sehingga dapat mengembangkan bisnis bagi wirausaha muslim pada Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) Kebumen khususnya kelas Boga sebagai mitra pengabdian. Mekanisme kegiatan menggunakan metode ceramah dan diskusi serta praktik atau simulasi. Setiap sesi, diakhiri dengan tanya jawab untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman peserta dalam merespon materi yang telah disampaikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam tiga sesi oleh masing-masing anggota tim, sudah terlaksana dengan baik. Hasilnya mitra pengabdian dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep manajemen, karena respon dan antusiasme dari mitra pengabdian untuk memahami materi yang disampaikan cukup tinggi. Sebagai rekomendasi, pengabdian masyarakat dengan tema ini dapat dilaksanakan pada mitra pengabdian lain seperti kelompok industri rumah tangga,  kelompok pedagang kaki lima, kelompok pedagang pasar tradisional dan sebagainya, sehingga dapat memperluas pemahaman konsep -konsep manajemen seperti pemasaran Syariah, pengemasan produk, dan pengelolaan keuangan bisnis dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-05
How to Cite
Ekowati, T., Ariningsih, E. P., & Prasojo, M. G. (2022). Penguatan Konsep-Konsep Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Wirausaha Muslim Pada Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) Kebumen. Surya Abdimas, 6(3), 461-470. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1505
Section
Articles