Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Akuntansi se-Kabupaten Malang
Abstract
Kegiatan menulis artikel ilmiah di kalangan guru tergolong masih rendah, hal ini dikarenakan sebagian guru tidak mempunyai motivasi dan waktu luang untuk membudayakan menulis. Sebagian besar guru masih belum memahami konteks penulisan artikel ilmiah yang benar sehingga guru belum mampu untuk menghasilkan karya yang inovatif yang dipublikasikan di jurnal ilmiah. Hal ini akan menghambat salah satu kebutuhan guru yaitu kenaikan pangkat secara reguler. Artikel ilmiah menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi agar proses kenaikan pangkat guru dapat segera terealisasi. Pelatihan penulisan artikel yang diselenggarakan tim dosen Universitas Negeri Malang dihadiri guru SMK jurusan akuntansi se-Kabupaten Malang dengan jumlah yang terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru akuntansi tentang cara menyusun artikel ilmiah dan menerbitkan artikel di jurnal yang dituju. Metode pada kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan dalam menyusun artikel ilmiah. Pelatihan dilakukan selama dua hari yaitu pada hari pertama guru mendapatkan materi mengenai cara menyusun artikel ilmiah kemudian pada hari kedua, guru mendapatkan tugas untuk mengembangkan ide dan bahan penelitian yang sudah pernah dilakukan untuk menyusun artikel ilmiah. Kegiatan yang telah dilakukan selama dua hari tersebut, mampu melatih guru untuk menyusun artikel ilmiah. Guru-guru terlihat antusias mengikuti pelatihan dan mampu menemukan ide untuk ditindaklanjuti dengan menulis artikel yang akan dikirimkan ke jurnal yang dituju.
Downloads
Copyright (c) 2022 Cipto Wardoyo, Dudung Ma'ruf Nuris, Slamet Fauzan, Rizky Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.