Pelatihan Academic Self Efficacy Untuk Menurunkan Academic Burnout Pada Mahasiswa Ekonomi STIE Perbanas Surabaya

  • Nadhirah Maulidya Universitas Surabaya, Indonesia
Keywords: Trainning, Academic, Self efficacy, Academic burnout, Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dihadapkan pada berbagai tuntutan dalam menjalankan studinya, mahasiswa harus beradaptasi dengan sistem pendidikan, metode belajar, dan keterampilan sosial yang sangat berbeda dengan tingkat pendidikan sebelumnya. Mahasiswa yang tidak mampu menangani masalah perkuliahan secara efisien akan membuat mahasiswa rentan terhadap academic burnout. Academic burnout didefinisikan sebagai perasaan lelah karena tuntutan studi, memiliki sikap sinis terhadap tugas-tugas perkuliahan, dan perasaan tidak kompeten sebagai mahasiswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seharusnya mahasiswa memiliki self efficacy yang memadai untuk melindungi diri dari potensi academic burnout. Pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan menambah pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa STIE Perbanas  Surabaya terkait dengan perilaku burnout academic yang sering dialami oleh mahasiswa, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kegiatan PKM ini menggunakan pelatihan academic self efficacy untuk menurunkan academic burnout pada mahasiswa Ekonomi STIE Perbanas Surabaya dilakukan secara online (daring) melalui aplikasi zoom dengan Teknik analisis kuantitatif. Melakukan pengabdian masyarakat untuk memberikan pelatihan menambah pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa STIE Perbanas Surabaya Terkait dengan perilaku burnout academic yang sering dialami oleh mahasiswa, terutama di masa pandemi covid 19 saat ini. Berdasarkan kegiatan PKM yang dilakukan bahwa kondisi mahasiswa setelah mengikuti pelatihan dapat memahami apa itu academic burnout sehingga mahasiswa dapat memahami kemampuan dirinya saat mengikuti perkuliahan, dilihat dari hasil pre-test dan post-test mahasiswa tersebut, Bahwa hasil skor ada penurunan academic burnout setelah mahasiswa mengikuti pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-06
How to Cite
Maulidya, N. (2022). Pelatihan Academic Self Efficacy Untuk Menurunkan Academic Burnout Pada Mahasiswa Ekonomi STIE Perbanas Surabaya. Surya Abdimas, 6(2), 378-385. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1586
Section
Articles