Pelatihan Pembuatan Video Interaktif pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Kubu Raya

  • Eti Sukadi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Nurussaniah Nurussaniah IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Video interaktif, Guru madrasah

Abstract

Pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia sejak tahun 2020, yang berakibat pada bidang pendidikan yang mengalami penundaan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka. Selama kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring membuat guru harus tetap memberikan ilmu kepada siswanya dengan metode yang berbeda dari biasanya. Guru di Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin memiliki keterbatasan dalam membuat media pembelajaran interaktif yang dapat mempermudah siswa dalam belajar. Oleh karena itu pada pengabdian pada masyarakat dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan video interaktif dengan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin sebagai mitra. Pelatihan ini menggabungkan antara metode ekspositori, demonstrasi dan latihan mandiri. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa: 1) Adanya peningkatan keterampilan peserta pelatihan dalam pembuatan video pembelajaran interaktif; 2) Adanya peningkatan kompetensi peserta pelatihan dalam merancang pembelajaran kreatif secara virtual; 3) Adanya respon positif dari peserta pelatihan terhadap pelatihan pembuatan video interaktif; 4) Dihasilkan video interaktif yang dapat digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-14
How to Cite
Sukadi , E., Saputri, D. F., Hadiati, S., Nurussaniah, N., & Sari, I. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Interaktif pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Kubu Raya. Surya Abdimas, 6(1), 142-150. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i1.1591
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)