Webinar Pemodelan Regresi Multilevel Dalam Kajian Hasil Belajar Matematika Terhadap Masalah yang Dihadapi Santri Muhammadiyah Boarding School Pleret Bantul
Abstract
Pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai membuat hampir seluruh sektor mengalami keterbatasan. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan yang harus menjalani sistem pembelajaran secara daring untuk mengantisipasi penyebaran virus. Sistem pembelajaran daring sendiri merupakan solusi alternatif yang dipilih guna terus melangsungkan pembelajaran. Oleh karena itu masih banyak kendala yang harus dihadapi sekolah terutama untuk mengetahui kondisi siswanya selama pandemi. Oleh karena itu pengabdi berusaha membantu sekolah untuk menyelesaikan permasalahnnya. Pada dasarnya, pengabdian ini merupakan kelanjutan dari pengabdian sebelumnya yakni pembuatan instrumen catatan potensi siswa yang bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif kondisi siswa. Namun demikian pengabdian dilanjutkan secara lebih dalam dan spesifik dalam penganalisisan data yang diperoleh yakni menggunakan analisis model regresi multilevel. Perihal yang dilakukan adalah dengan membuat instrumen yang mampu merekam kondisi siswa dan juga memberikan jasa dalam menganalisis kondisi mana yang signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode penyuluhan dan pendampingan secara daring. Kegiatan dilakukan pada bulan 14 Oktober 2021 melibatkan guru-guru mata pelajaran Matematika serta Bimbingan dan Konseling melalui aplikasi google meet. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 95% guru sangat terbantu dalam kegiatan yang dilakukan. Dengan demikian kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat dikatakan memeberikan manfaat terhadap sekolah yakni Muhammadiyah Boarding School Pleret.
Downloads
Copyright (c) 2022 Arie Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.