Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias
Abstract
Meningkatnya kasus Pandemi Covid-19 di Indonesia serta kebijakan pemerintah melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi UMKM. Mitra kegiatan pengabdian adalah Komunitas Petani Tanaman Hias dusun Tarukan, Bandungan, kabupaten Semarang yang berjumlah 24 kelompok usaha. Selama ini Petani Tanaman Hias melakukan pengelolaan produksi dan promosi yang sangat sederhana serta hanya mengandalkan pengunjung dari luar kota untuk berkunjung di wisata Gedong Songo. Saat ini tingkat penjualan menurun drastis, bahkan permintaan tanaman hias dan jasa pembuatan taman hanya terjadi satu kali bahkan tidak sama sekali. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan digital marketing dan memberikan satu set peralatan tepat guna untuk mendukung Kaizen Production. Kegiatan dimulai dari survey bulan September 2021, kemudian pelaksanaan sosialisasi pada bulan November 2021. Sistem Integrated Digital Marketing dilakukan dengan integrasi berbagai aplikasi sosial media melalui informasi lokasi bisnis di google bisnisku, memperluas jangkauan pelanggan melalui media Facebook dan Instagram, serta kemudahan dalam proses pemesanan dan komunikasi di Whatsapp Business. Melalui strategi tersebut informasi produk jasa yang ditawarkan menjadi lebih luas dan menjangkau pelanggan berbagai provinsi di Indonesia. Luaran kegiatan ini adalah Kelompok petani tanaman hias dusun tarukan bandungan memiliki peralatan tepat guna, serta strategi pemasaran yang tepat melalui media online digital marketing.
Downloads
Copyright (c) 2022 Bayu Setyo Nugroho, Eva Purnamasari, Tahan Prahara, Mellasanti Ayuwardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.