Menanamkan Karakter Toleransi Beragama Melalui Kegiatan Bercerita dan Mewarnai Gambar pada Siswa TK di Kabupaten Purworejo

  • Nurjanah Nurjanah STAI Nahdlatul Ulama Purworejo, Indonesia
  • Aniqoh Aniqoh STAI Nahdlatul Ulama Purworejo, Indonesia
  • Hafidhotul Zulaehah STAI Nahdlatul Ulama Purworejo, Indonesia
Keywords: Toleransi beragama, Bercerita, Mewarnai, Anak usia dini

Abstract

Setiap anak pasti mengalami berbagai tahapan dan perkembangan dalam hidupnya,dari beberapa macam perkembangan salah satunya adalah aspek perkembangan  moral(karakter) dan nilai agama.Kegiatan pengabdian masyarakat penanaman moderasi agama sejak dini bertujuan agar dalam diri anak tertanam sikap toleransi beragama di lingkungan sekolah atau tempat tinggal mereka. Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah Lembaga PAUD formal yaitu di TK Tri Mardi Siwi Desa Trirejo Kecamatan Loano. TK ini merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang anak didiknya berasal dari lingkungan yang beragam.Sebagian besar berasasl dari lingkungan muslim, tetapi ada juga yang  berasal dari lingkungan non muslim.Oleh karena itu menanamkan  karakter toleransi beragama sangatlah penting,agar anak yang memiliki latar belakang agama yang berbeda bisa saling menghormati dan saling menghargai.Sehingga akan menciptakan kerukunan dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.Kegiatan pengabdian di lingkungan TK ini menggunakan metode bercerita dan praktek langsung.Dimana dalam metode bercerita ini dapat mengetahui seberapa efektivitas teknik bercerita adalam peningkatan pengembangan nilai-nilai toleransi dalam diri anak didik Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat yamh berupa stimulasi anak untuk mewarnai dan bercerita yang telah dilaksanakan, dapat meningkatkan anak dalam hal toleransi seperti anak mampua bekerjasama dalam menyelsaikan tugas mewarnai tanpa anak memandang perbedaan yang ada pada setiap anak, dapat membuat nilai-nilai agama yang diajarkan dapat dihayati dan dipahami sepenuh hati oleh anak didik tanpa harus menggunakan paksaan dari manapun sehingga nilai nilai agama yang diajarkan dapat diterapkan selalu di kehidupannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan bercerita dan mewarnai karakter toleransi beragama dapat berhasil ditanamkan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-29
How to Cite
Nurjanah, N., Aniqoh, A., & Zulaehah, H. (2022). Menanamkan Karakter Toleransi Beragama Melalui Kegiatan Bercerita dan Mewarnai Gambar pada Siswa TK di Kabupaten Purworejo . Surya Abdimas, 6(3), 520-526. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1755
Section
Articles