Gerakan Pengenalan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini (PAUD) di RA Terpadu Al-Qolam Semarang
Abstract
Pendidikan literasi keuangan sejak dini sudah seharusnya dilakukan baik secara teori atau praktek. Anak-anak, khususnya yang berada di usia 0 hingga 6 tahun dikenal dengan masa ke-emas-an, sehingga jika diberikan pemahaman mengenai literasi keuangan, akan benar-benar terinternalisasi pada pola fikir dan termanifestasi pada perilaku anak sehari-hari secara sederhana. Namun saat ini masih ditemukan beberapa kendala dalam mengenalkan literasi keuangan sejak dini yang belum masuk pada kurikulum nasional. Selain itu, pelaksanaan pendidikan nasional masih berupa pemahaman teori sehingga penguasaan literasi keuangan pada anak sejak dini menjadi kurang komprehensif. Salah satu solusinya dengen memberikan pengetahuan dan keterampilan secara teori dan praktek dari literasi keuangan sejak dini khususnya di RA Terpadu Al-Qolam Semarang. Metode pendekatan yang dilakukan dalam programĀ kemitraan masyarakat ini berupa pemberian ceramah, pemutaran video, praktek kegiatan jual beli dan praktek kegiatan menabung dalam celengan yang diberikan. Harapannya dapat menambahkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan secara teori dan praktek dari literasi keuangan sejak dini dan penanaman karakter siswa khususnya di RA Terpadu Al-Qolam Semarang dalam literasi keuangan
Downloads
Copyright (c) 2022 Amalia Nur Chasanah, Diana Puspitasari, Masitha Fahmi Wardhani, Ratna Herawati, Risanda Alirastra Budiantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.