Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten Produk berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Media sosial dengan Aplikasi Canva
Abstract
Penjualan produk melalui marketplace maupun media sosial membantu masyarakat untuk memasarkan produk secara luas. Salah satu hal yang penting untuk promosi produk adalah pembuatan konten yang menarik minat pembeli. Pembuatan konten untuk promosi berbasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat membantu dalam pembuatan konten menarik untuk promosi atau pemasaran adalah Canva. Dengan memanfaatkan aplikasi Canva yang memiliki template-template menarik yang sudah tersedia, memudahkan pelaku usaha untuk membuat konten menarik untuk dipasang pada marketplace maupun media sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk pelatihan dan pendampingan pembuatan konten produk berbasis TIK menggunakan Canva mobile melalui smartphone. pelatihan dan pendampingan ini diikuti oleh 15 orang warga dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Ibu-Ibu PKK desa Rajaiyang, kecamatan Losarang, kabupaten Indramayu. Hasil akhir kegiatan ini, peserta mengenal Canva dan mampu memanfaatkan aplikasi Canva untuk pembuatan konten sederhana yang diunggah ke media sosial sebagai konten promosi dan pemasaran.
Downloads
References
Andriana, A. N., & Pingki, P. (2022). Penerapan Teknik Foto Produk dan Video Reel Instagram Bisnis sebagai Optimalisasi Strategi Social Media Marketing dalam Menyambut IKN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3101-3111.
Elisa, E., & Simanjuntak, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Online untuk Kreasi Pembelajaran Pada Himpaudi Batam Center. Jurnal PADI (Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia), 4(2), 15–19. https://doi.org/10.51836/ JPADI.V4I2.266
Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51-58.
Famukhit, M. L. (2020). Pelatihan Desain Promosi Usaha Menggunakan Canva Pada Smk Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan. Journal of Social Empowerment, 5(1), 1-5.
Hasibuan, A., Jamaludin, J., Yuliana, Y., Sudirman, A., Wirapraja, A., Kusuma, A. H. P., ... & Simarmata, J. (2020). E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2).
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13-27.
Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96. https://doi.org/10.32493/SASINDO.V8I2.79-96
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Quintania, M., Anwar, R. N., Handayani, E. N., & Nova, F. (2020). Pelatihan Penjualan Online Untuk Ibu-Ibu PKK di Saung Singgah TPU Pondok Kopi, Jakarta Timur. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 7-22. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v4i2.1314
Siregar, V. M. M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 15-21. https://doi.org/10.54892/jurnal tam.v9i1.594
Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430–436. https://doi.org/10.31764/JPMB.V4I1.2983
Surenggono, S., Erdiana, A., & Djamilah, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1), 26–30. https://doi.org/10.32493/J.PDL. V4I1.13178
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/JB.V1I4.417
Wahyudi, A. D., Surahman, A., & Sivi, N. A. (2021). Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model dan 3D Objek. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 6(1), 35-40.
Copyright (c) 2023 Mayanda Mega Santoni, Nurul Chamidah, Andhika Octa Indarso, Desta Sandya Prasvita, Intan Hesti Indriana, Henki Bayu Seta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.